. Makalah Tumbuhan Dikotil dan Monokotil ~ Make a Wonderfull Life

Rabu, 03 September 2014

Makalah Tumbuhan Dikotil dan Monokotil

Disusun oleh:
·       aji Saka
·       Ilham Kurniawan
·       M Izzur M


TUMBUHAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL

I. LATAR BELAKANG
Pada Tumbuhan kelas / tingkat tinggi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu tumbuh-tumbuhan berbiji keping satu atau monokotil dan tumbuh – tumbuhan berbiji keping dua atau dikotil. Ciri – ciri tumbuhan monokotil dan dikotil hanya dapat ditemukan pada tumbuhan subdivisi angiospermae karena memiliki bunga yang sesungguhnya.
Tanaman monokotil membawahi sejumlah bangsa dan suku tumbuhan yang warganya dianggap mempunyai tingkat perkembangan filogenetik yang tertinggi. Jenis – jenis tumbuhan yang tergolong dalam kelas ini dapat dikenal berdasarkan ciri – ciri sebagai berikut:
Tanaman dikotil meliputi terna, semak-semak, perdu maupun pohon yang mempunyai ciri-ciri morfologi sebagai berikut yaitu,  mempunyai lembaga dengan dua daun lembaga (berbiji belah ) dan akar serta pucuk lembaga yang tidak mempunyai pelindung yang khusus, akar lembaga tumbuh terus menjadi akar pokok ( akar tunggang ) yang bercabang-cabang dan membentuk sistem akar tunggang, Batang berbentuk kerucut panjang, biasanya bercabang-cabang dengan ruas-ruas dan buku-buku yang tidak jelas, duduk daun biasanya tersebar atau berkarang, kadang-kadang saja berseling, daun tunggal atau daun majemuk, sering kali sisertai oleh daun-daun penumpun, jarang memiliki pelepah, helaian daun bertulang menyirip atau menjari, pada cabang-cabang kesamping seringkali terdapat 2 daun pertama yang letaknya tegak lurus pada bidang median dikanan kiri cabang tersebut, bunga bersifat di-,tetra-, atau pentramer.
Dan ciri – ciri anatomi tumbuhan dikotil yaitu baik akar maupun batang mempunyai kambium, sehingga akar maupun batangnya memperlihatkan pertumbuhan menebal, pada akar berkas radial berkas pengangkutnya hanya nyata pada akar yang belum mengadakan pertumbuhan menebal, pada batang berkas pengangkutan penyusun tersusun dalam lingkaran dengan xylem disebelah dalam dan floem sebelah luar, diantaranya terdapat kambium, jadi berkas pengangkutnya bersifat kolateral terbuka, kadang-kadang bikolateral.

II. Tujuan
Adapun tujuan dari pengamatan ini adalah sebagai berikut :
1. Mendeskripsikan tumbuhan monokotil dan dikotil
2. Mengetahui perbedaan antara tumbuhn monokotil dan dikotil

III METEODOLOGI PERCOBAAN
A. Alat dan Bahan
1.Tanaman Jambu
2. Tanaman rumput-rumputan

B.  Cara Kerja
1. Menyediakan alat-alat yang akan digunakan dalam percobaan.
2. Mengamati bagian-bagian yang terdapat pada tanaman yang akan digunakan.
3. Merumuskan tanaman tersebut termasuk kedalam tanaman monokotil atau dikotil.
4. Mendeskripsikan tanaman-tanaman tersebut.
5. Membuat hasil pengamatan dalam tabel

C. TABEL HASIL PENGAMATAN

NO
BENTUK
TANAMAN JAMBU
TANAMAN RUMPUT-RUMPUTAN
1.
DAUN
MENYIRIP
MELENGKUNG
2.
AKAR
TUNGGANG
SERABUT
3.
KAMBIUM
MEMILIKI KAMBIUM
TDAK MEMILIKI KAMBIUM
4.
BATANG
BERCABANG
TIDAK BERCABANG

D. CIRI-CIRI TANAMAN
Description: Monokotil.png
Dari tabel tersebut dapat diidentifikasi bahwa tanaman jambu merupakan tanaman dikotil, sedangkan  tanaman rumput-rumpitan merupkan tanaman monokotil.


E. KLASIFIKASI TUMBUHAN JAMBU DAN RUMPUT-RUMPUTAN :
NO
KLASIFIKASI
TANAMAN JAMBU
TANAMAN RUMPUT-RUMPUTAN
1.
KINGDOM
Plantae
Plantae
2.
SUBKINGDOM
Tracheobionta
Tracheobionta
3.
SUPER DIVISI
Spermatophyta
Spermatophyta
4.
DIVISI
Magnoliophyta
Magnoliophyta
5.
KELAS
 Magnoliopsida
Liliopsida
6.
SUB KELAS
Rosidae
Commelinidae
7.
ORDO
Myrtales
Cyperales
8.
FAMILI
Myrtaceae
Cyperaceae
9.
GENUS
Psidium
Cyperus
10.
SPESIES
Psidium guajava L.
Cyperus rotundus L.


F. DESKRIPSI PERBEDAAN TUMBUHAN DIKOTIL DAN MONOKOTIL
Perbedaan antara tumbuhan dikotil dan monokotil kebanyakan terdapat pada struktur morfologinya. Perbedaan yang lain juga masih ada, antara lain tentang system reproduksi atau system perkembangbiakan yang dimilikinya.
Tumbuhan dikotil dapat berkembang biak dengan dua cara, yaitu cara vegetatif atau tanpa kawin dan generatif atau dengan kawin. Kebanyakan perkembangbiakan tumbuhan dikotil dengan cara vegetatif adalah vegetative buatan yang dilakukan oleh manusia bukan merupakan prose salami yang dilakukan tumbuhan itu sendiri.Perkembangbiakan generatif diawali dengan proses penyerbukan yaitu menempelnya sebruk sari di kepala putik. Proses ini terjadi di bunga, sehingga bunga disebut juga alat kelamin tumbuhan karena disinilah terdapat alat perkembangbiakan jantan dan betina.
Tumbuhan monokotil kebanyakan berkembang biak dengan satu cara, yaitu vegetatif alami. Banyak jenis dari vegetative alami ini, semua tergantung dari masing-masing jenis tumbuhan yang ada, Misalnya aneka jenis rimpang seperti jahe, kunyit, dan lain-lain. Semua jenis rimpang tersebut ketika berkembang biak akan selalu membentuk 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More