. Dampak Menonton Film Kartun pada Anak ~ Make a Wonderfull Life

Jumat, 29 Agustus 2014

Dampak Menonton Film Kartun pada Anak



           
Jangan anggap semua film kartun baik untuk tontonan anak. Waspadai kartun yyang sarat dengan kekerasan atau ajaran yang kurang baik. Sejumlah serial kartun memang sudah akrab dengan kebiasaan mentoton anak, bahkan sudah menjadi hal wajib untuk melihatnya. Tapi tahukah anda bahwa menonton film kartun tidak selalu baik? Anak-anak memang suka dengan hal yang menarik secara visual. Oleh karena itu film kartun sangat digemari oleh anak. Namun serial kartun yang banyak mempertontonkan kekerasan dapat bersifat negatif bagi anak, anak-anak sangat mudah mengimitasi apapun yang ada dihadapannya.
Pada usia 0 sampai 1 tahun adalah usia yang paling rawan bagi anak untuk beradaptasi dan berkenalan dengan media apapun. Sedangkan pada usia 1 hingga 8 tahun adalah usia dimana anak banyak melakukan imitasi dan adaptasi atau prekenalan, sehingga perlu ada pendampingan saat anak menonton kartun.
            “ Film kartun banyak yang bagus-bagus, tapi tidak bisa dipungkiri ada juga yang mengandung unsur negatif  seperti kekerasan yang terselubung.” Ujar Melati Ismi Hapsari M.Psi pisikolog anak sekaligun dosen di Universitas Muhamadiah Purwokerto. Misalnya pada serial kartun ultraman, tokohnya digambarakan selalu berperang dengan musuhnya, memukul dan membanting lawan. Hal tersebut perlu diterangkan pada anak bahwa aksi “berkelahi” tersebut hanya untuk membela kebenaran, bukan untuk pamer kekuatan atau aksi “sok jagoan” semata. Sharing ini dilakukan untuk menghindari berbagai presepsi anak.
Sebagai contoh film kartun spongebob sguare pants yang sering di anggap negatif pun memiliki nilai positif untuk anak. Misi dari pembuatan film ini tidah hanya untuk hibura semata tetapi juga untuk mengajarkan anak untuk menjaga laut dan mengenalkan pada biota yang ada di dalamnya. Sebagai contoh saat Melati di wawancara dia bertanya pada anaknya michelleyang berusia 4,5 tahun “Dik, si Patrick itu apa ya?” kemudian dengan antusias Michelle menjawab “Bintang laut!”.
 Semua serial kartun pasti memiliki sisi positif dan negatif semua tergantung orang tua untuk dapat memberi pengarahan pada anak supaya mengerti pada sisi positif sebuah film tertentu. Tontonan yang baik serta pengarahan yang tepat dari orangtua, sangat mempengaruhi pola pikir anak dan tindakan anak untuk jangka waktu kedepan. Sekian yang dapat saya sampaikan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan jangan lupa mencobanya.
               

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More